Monday, October 19, 2009

Cara Mudah Mendapatkan Klien Secara Reguler Untuk Freelance



Ketakutan paling besar seorang freelancer adalah tidak mendapatkan penghasilan secara konsisten, bulan ini dapat banyak, mungkin bulan depan tidak dapat sama sekali. Jujur saja, dulu juga hal tersebut merupakan momok yang menakutkan bagi saya. Apa solusinya? Hanya 2 si: Koneksi dan Kemampuan!

Weits, koneksi yang dimaksud itu KKN? Bukan dong, tapi lebih ke arah jaringan bisnis Anda. Apa gunanya Anda mempunyai kemampuan mendesain yang mendewa tapi tidak ada yang tahu soal kemampuan Anda? Maka dari itu tips pertama adalah:

Be Everywhere!

Yup, atau bahasa gampangnya: BEREDAR! Tingkatkan eksistensi dengan banyak ketemu orang baru. Jadi freelancer bukan berarti kita diam saja di rumah sembari mencari pekerjaan toh? Masuklah ke komunitas yang mendukung pekerjaan Anda dan berkenalanlah dengan orang baru, siapa tahu temannya teman Anda membutuhkan jasa Anda dikemudian hari. Anda tidak akan pernah tahu! Pernah saya mendapat proyek dari pacarnya teman lama saya yang saya tidak sengaja temui di kawinan kakaknya teman saya. Jauh? ya.. seperti yang saya bilang, Anda tidak akan pernah tahu. Siapkan selalu kartu nama di kantong Anda kira-kira 30 buah disetiap waktu, jadi Anda akan selalu siap memperluas koneksi Anda dimanapun Anda berada.
Jangan lupakan juga pengaruh jaringan pertemanan di dunia maya. Saya sendiri punya facebook, friendster, twitter, plurk, pownce, linkedIn, flickr, cerpenista dan juga blog sendiri untuk mengutarakan opini dan umpatan harian. Selain itu saya juga tergabung di milis WebPM, id-apple, ID-Firefox, milis alumni sma dan kuliah dan banyak lagi. Ok, mungkin sebagian besar tidak pernah saya update. Tapi google akan mengindex semua halaman itu, dan semua halaman itu akan mengarah ke situs pribadi saya.
Perluas koneksi Anda and BE EVERYWHERE!

Be Useful!

Beredar saja tidak cukup, Anda tentu ingin diingat dan direferensikan orang karena keahlian Anda dong? Tunjukkan ke semua orang apa yang Anda bisa dan buatlah mereka ingat dengan membantu mereka. Bila Anda tidak mempunyai portfolio yang cukup, tawarkanlah jasa Anda secara gratis ke organisasi nirlaba, tulislah tips yang menarik dan berguna bagi banyak orang di blog Anda, buatlah template blog wordpress secara gratis, tawarkan ilustrasi vektor atau desain ikon yang Anda tidak pakai agar bisa diunduh orang banyak, dan masih banyak lagi cara untuk menjadi berguna bagi orang lain.
Sebagai contohnya, saya menulis artikel tentang cara sharing koneksi internet di rumah dan 1 artikel tersebut menyumbangkan sekitar 300 pengunjung ke blog saya setiap harinya. Aktif di milis WebPM membuahkan cukup banyak proyek dan banyak sekali rekomendasi ke klien dari luar negri. Jika Anda membantu orang lain, orang lain pasti akan membantu Anda. Mungkin sedikit naif, tapi tidak ada salahnya toh menjadi orang baik :D
Kembangkan kemampuan Anda dan tunjukkan ke dunia, BE USEFUL!

Be Famous!

Ok, mungkin ini lebih ke hasil dari 2 tips diatas. Ketika Anda sudah dikenal banyak orang dan sudah berguna bagi orang-orang tersebut, rekomendasi akan menyebar secara luas. Dimulai dari teman-teman Anda, temannya teman Anda dan seterusnya. Yang Anda lakukan sekarang tinggal menunggu dan biarkan popularitas Anda bekerja dengan sendirinya.
Jadi sekarang anda tinggal duduk dengan tenang dan nikmatilah kesuksesan Anda, Selamat Bekerja!

No comments: