Monday, October 19, 2009

Freelance Market Baru, Minim Saingan


Cari kerja freelance di internet memang sekarang ini susah-susah gampang. Mulai permintaan klien yang minta nya aneh-aneh sampai saingan yang sudah nggak kehitung lagi. Apalagi kita juga belum punya portfolio yang sangat dibutuhkan klien untuk mengetahui hasil kerja yang pernah kita kerjakan. Kebanyakan dari kita waktu memulai kerja freelance dari awal pasti pernah mikir seperti ini, “Kapan yah aku dapat kerjaan ?”, jujur aja deh.

Kalau kalian pada awal cari kerjanya di situs-situs freelance market macam GetAFreelancer, Elance, Scriptlance, Atau RentACoder pasti tahu bagaimana persaingan antar sesama freelancer disitu. Sulit bukan? Belum lagi kalau sudah ketemu sama orang dari India yang sudah punya review bagus, tapi berani memberi harga sangat murah.
Sebetulnya kalau kalian mau mencari lagi, masih ada freelance market lain yang tingkat persaingan nya masih belum terlalu susah. Saya kasih contoh freelancetraffic.com . Memang sih freelance market ini masih baru, tapi nggak ada salahnyakan mencoba? Toh dengan mencoba kita jadi lebih berpengalaman dan tahu banyak hal.
Kalau menurut saya, web ini cukup bagus bagi newbie, yang masih belum punya banyak pengalaman. Karena ini tergolong situs freelance market yang baru jadi pasti masih ada kurang dan lebih nya kan?
Mungkin ini beberapa diantara nya :

Kelebihan

Minim Saingan

Mungkin karena masih baru jadi anggota freelancernya masih sedikit, rata-rata masih belum punya review. Karena sedikit itulah persaingan antar anggota belum terlalu kelihatan. Respon dari pembeli pun bisa dikatakan cukup positif. Setiap saya menawarkan proposal selalu ada jawabannya, entah itu jawaban yang positif atau negative, tapi kebanyakan jawaban yang positif.

100 proposal/bid gratis

Kita diberi kebebasan untuk memberi proposal penawaran sampai 100 proposal. Coba banding kan kalau di GAF yang cuma 15, di Elance malah cuma dapat 3 per bulannya. Lumayankan kalau dibuat latihan, siapa tahu nanti menang lelang proyek terus dapat bayaran. Tetapi ingat, meskipun latihan, tetapi sebelum mengirim proposal pastikan dulu kamu bisa ngerjain tugas-tugas yang kira-kira bakal diberikan klien nantinya.

Kekurangan

Kurang Aman

Untuk keamanan sepert nya di situs ini masih kurang, kenapa? Karena kebanyakan halaman nya masih pakai port http, belum port https seperti situs freelance market kebanyakan. Pasti semua nya sudah pada tahu kan, beda http dengan https?

Pilihan Penarikan Dana cuma lewat PayPal

Karena pilihan penarikan dana cuma PayPal, jadi menyulitkan kita yang masih newbie. Karena untuk pendaftaran nya PayPal meminta verifikasi kartu kredit terlebih dahulu. Kalau masih awal memulai rata-rata dari kita kan belum punya kartu kredit ?
Tetapi lepas dari itu semua, daripada kita cuma melamun menunggu balasan proposal yang nggak datang-datang lebih baik kan mencoba yang lain. Lumayan untuk tambah-tambah ilmu. :D

No comments: