Monday, October 19, 2009

Ingin Jadi Freelancer Hebat? Jadilah Joker!





Joker yang saya maksud di sini adalah karakter Joker dalam Dark Knight (2008). Filosofinya mengagumkan, dan menurut saya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari freelancer.
I believe whatever doesn’t kill you,
simply makes you… stranger.
Filosofi: Tantangan adalah peluang menjadikan diri lebih baik.
Contoh aplikasi: Pelajari hal-hal baru yang menunjang keahlian utama. Anda desainer grafis? Mulailah menulis jurnal! Anda penulis konten? Pelajari CSS! Ini bukan berarti mengalihkan fokus dari keahlian utama, tapi di tengah dunia kompetitif (di mana tiap tahun muncul ribuan fresh grads), Anda harus siap dengan memperkaya diri. Berat memang. Tapi setelah menguasainya, Anda akan menjadi lebih kuat… eh, lebih asing? *gubraks*

If you’re good at something,
never do it for free.
Filosofi: Hargai diri sesuai keahlian dan pengalaman.
Contoh aplikasi: Seorang karikaturis, dalam 5 menit selesai menggambar dengan sempurna wajah seorang turis, lalu meminta Rp 500 ribu. Turis itu kaget, “Cuma lima menit, kok semahal itu?” Jawab si karikaturis, “Saat ini saya sanggup menyelesaikan sebuah karikatur dalam waktu singkat, lima menit saja. Tapi untuk bisa melakukan itu, saya butuh berlatih selama lima tahun.”*)
In their last moments,
people show you who they really are.
Filosofi: Di saat kepepet, manusia menunjukkan kekuatan sesungguhnya—biasanya melebihi apa yang selama ini dia yakini.
Contoh aplikasi: Tetapkan deadline bayangan. Bila harus menyelesaikan satu situs dalam 3 minggu, upayakan selesai dalam 2 minggu. Mungkin berat dan menekan, tapi toh tersisa satu minggu untuk rileks. Klien senang, Anda pun tenang.
Nobody panics when things go ‘according to plan.’ Even if the plan is horrifying! Introduce a little anarchy. Upset the established order, and everything becomes chaos.
Filosofi: Rutinitas bikin bosan, yang “aneh-aneh” malah menarik.
Contoh aplikasi: Dare to be different. Smashing magazine sering menunjukkan betapa karya-karya desain grafis yang mendobrak aturan bisa begitu menakjubkan. Dalam penulisan pun, topik dan angle yang nyeleneh selalu sanggup menarik perhatian pembaca. Cobalah.
I just…
do things.
Filosofi: *mengutip tagline sebuah sepatu terkenal* Just do it!
Contoh aplikasi: Ingin bertualang ke Jerman? Pergi! Ingin menciptakan program yang bebas bugs? Ciptakan! Ingin keluar dari kantor dan beralih ke full-time freelancing? Oke. Nyalakan komputer, mulailah menulis surat pengunduran diri. Daripada melamun melulu, JUST DO IT FOR GOD’S SAKE!
Why so serious?
- the ultimate Joker philosophy
Filosofi: Hidup sudah susah, nggak perlu dibikin tambah susah.
Contoh aplikasi: Bila kelewat banyak proyek untuk ditangani, outsource saja. Saat semangat mengendur, bawa laptop ke kafe yang cozy. Hah? Didepak pacar? Cari baru dong! Kecuali (sepertinya sih) terbelit utang, tiap masalah ada solusinya. Sekali lagi, why so serious?
*) Sebuah anekdot, yang (maaf) saya lupa pernah mendengar/membaca dari mana.

No comments: