Monday, October 19, 2009

Terlalu Letih Mengejar Client

Keputusan menjadi seorang freelancer bukan hanya sekedar mendapatkan kebebasan berfikir dan kebebasan akan waktu dan pastinya sebuah keadaan finansial yang lebih baik. Tapi benar nggak sih kita benar-benar mendapatkan kebebasan waktu. Bagaimana dengan deadline dan beberapa tuntutan lain dari klien apakah benar-benar mebuat kita masih memiliki kebebasan waktu? mungkin sebuah pertanyaan yang sering kita lupakan saat ini.
Bagi mereka yang telah mendapatkan kesempatan itu berarti anda sunguh beruntung, tapi ada beberapa orang yang terpaksa ikut berkejar-kejaran dengan client untuk mendapatkan project ataupun juga untuk menyelesaikan sebuah project, hal itu sangat menguras pikiran dan tenaga yang kita miliki, sehingga kita terkadang letih untuk berkejar-kejaran.

Mungkin sudah waktunya kita berpikir sedikit kreatif dan berusaha mendapatkan berbagai macam pendapatan selain menjadi seorang freelancer tentunya. Mungkin beberapa hal dibawah ini dapat menjadi ide bagi kita para freelancer.

Ikut Kontes

Mengikuti sebuah kontes bukan berarti kita akan memenangkan kontes tersebut. Tapi berpikir positif bolehkan.  Kontes-kontes yang beredar di dunia online saat ini lebih banyak ke arah design. Ikutin semua kontes yang ada dengan berbagai macam tipe kesulitan dan review dari orang luar tentang design kita akan menjadi sedikit masukan apa yang bagus dan apa yang kurang tepat.
Bila gagal dalam kontes bukan berarti kita kalah, tapi kita dapat menjual hasil dari kontes tersebut ke beberapa forum ataupun tempat penjual design eceran. Dan bila design kita cukup mumpuni kita akan mendapatkan pundi-pundi dollar dari beberapa orang yang suka desain kita.

Buat Sebuah Service Khusus

Jika kalian ahli dalam wordpress themes, customize wordpress atau joomla themes, kenapa tidak menjual themes yang telah dihasilkan. Berkolaborasi dengan para designer/programmer dan buat sebuah design dan plugin yang dibutuhkan dan jual di market-market online dan kembali mendapatkan pundi-pundi dollar.

Adsense dan sejenisnya

Mungkin hal ini agak sedikit kuno, tetapi bisa menambah pemasukan pasif  kita. Bila kita rajin melakukan sharing dengan pengetahuan kita, cukup beberapa ratus kata dan website kita terlisting di mesin pencari, kita akan mendapatkan pundi-pundi uang dari google ataupun yang sejenisnya. Dan tidak rugi berbagi ilmu selain akan membuat nama kita terkenal secara tidak langsung dan mendapatkan teman yang senasib kita juga bisa menunjukkan siapa kita.

Affiliate

Menjadi affiliate untuk produk-produk tertentu juga dapat menjadi salah satu penambah dollar yang akan kita terima, seperti layanan affiliate di ebay atau produk-produk lain.

Membuat dan Menjual Jasa Untuk Forum

Hal satu ini kadang hanya terpikir oleh orang-orang yang berani sedikit sibuk dan bisa melihat kesempatan. Saya agak terkejut ketika rekening bersama di kaskus FJB begitu terkenal, dengan persenan dari beberapa orang yang terselamatkan oleh transaksinya si pemilik rekening mendapatkan jutaan dalam 1 bulan transaksi yang terjadi. Begitu juga layanan transaksi di ebay ataupun pembelian dan penjualan paypal yang juga menghasilkan jutaan rupiah.
Jadi secara keseluruhan bila kita telah letih mengejar para client mungkin kita harus sedikit memutar otak dan berubah menjadi kreatif dan menggunakan pengalaman-pengalaman yang kita dapat di dunia online dan di jadikan sebuah service untuk mendapatkan dollar ataupun rupiah. Dan saya yakin masih banyak hal lain yang bisa kita olah dan dijadikan opsi selain di atas. Jadi saya tunggu sharing pengalamannya dan mari kita berbagi demi kebaikan bersama.

No comments: